PENGARUH METODE GASING (GAMPANG, ASYIK, DAN MENYENANGKAN) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

RARA, SATRIANA (2025) PENGARUH METODE GASING (GAMPANG, ASYIK, DAN MENYENANGKAN) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (251Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3115Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3067Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis yang terlihat dari rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Gasing (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan) pada peserta didik kelas IV mata pelajaran Matematika. Jenis eksperimen pada penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian pretest-posttest control grup desain. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Candimas berjumlah 59 peserta didik, dengan sampel penelitian yaitu peserta didik kelas IV A dan IV C berjumlah 38 peserta didik. Pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data menggunakan teknik analysis of covariance yang dibantu dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan Metode Gasing terhadap kemampuan berpikir kritis dengan pasil partial eta square yang diinterpretasikan dalam effect size dengan kategori “besar”. Kata kunci : kemampuan berpikir kritis, metode gasing (gampang, asyik, dan menyenangkan), kelas IV,

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308099546 . Digilib
Date Deposited: 11 Jun 2025 03:37
Terakhir diubah: 11 Jun 2025 03:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88260

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir