PENGARUH PENGGUNAAN KOMIK DALAM MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMPN 15 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025)

ERNA, WATI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN KOMIK DALAM MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMPN 15 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (174Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1257Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1160Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan komik dalam model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Bandar Lampung tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 266 siswa yang terdistribusi ke dalam 9 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII 3 dan VIII 6, yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design dengan instrumen pengumpulan data berupa tes berbentuk uraian. Analisis data menggunakan Mann-Whitney U. Hasil uji analisis data menunjukkan bahwa median data peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan komik dalam model discovery learning lebih tinggi dibandingkan siswa yang mengikuti model discovery learning tanpa komik. Dengan demikian, penggunaan komik dalam model discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis siswa, pengaruh, komik, discovery learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2308516250 . Digilib
Date Deposited: 11 Jun 2025 03:46
Terakhir diubah: 11 Jun 2025 03:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88265

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir