Adinda Mutia, Rahma (2025) PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (THE EFFECT OF PROBLEM-BASED LEARNING ON ECOSYSTEM MATERIAL IN GRADE X ON STUDENTS' CRITICAL THINKING ABILITIES). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (218Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL_Adinda Mutia Rahma.pdf Restricted to Hanya staf Download (1582Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_Adinda Mutia Rahma.pdf Download (1311Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model problem-based learning (PBL) pada materi ekosistem kelas X terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas X.G sebagai kelas eksperimen dan kelas X.F sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan bentuk pretest-posttest non-equivalent control group design. Jenis data pada penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Instrument yang digunakan yaitu soal pretest dan posttest serta angket tanggapan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL pada materi ekosistem berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, dengan rata-rata nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 0,77 (tinggi), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain 0,63 (sedang). Dilakukan juga uji pengaruh (Effect Size) yang menunjukkan nilai 1,55 (berpikir kritis) dengan interpretasi efektivitas besar. Sedangkan hasil angket tanggapan peserta didik terhadap penerapan PBL juga menunjukkan respon positif dengan kategori sangat tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model PBL pada materi ekosistem berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. (This study aims to determine the effect of the application of the problem-based learning (PBL) model on the ecosystem material of class X on students' critical thinking skills. The sample consisted of two classes, namely class X.G as the experimental class and class X.F as the control class. The research sample was taken using a purposive sampling technique. The research design used was a quasi-experimental with a pretest-posttest non-equivalent control group design. The types of data in this study were qualitative and quantitative data. The instruments used were pretest and posttest questions and student response questionnaires. The results of the study showed that the application of the PBL model to the ecosystem material had an effect on students' critical thinking skills, with an average N-gain value of the experimental class of 0.77 (high), higher than the control class with an average N-gain of 0.63 (moderate). An effect test (Effect Size) was also carried out which showed a value of 1.55 (critical thinking) with an interpretation of great effectiveness. Meanwhile, the results of the student response questionnaire to the application of PBL also showed a positive response with a very high category. Thus, it can be concluded that learning with the PBL model on ecosystem material has an effect on students' critical thinking skills).
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2301058998 . Digilib |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 06:22 |
Terakhir diubah: | 11 Jun 2025 06:22 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88300 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |