ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS DONGENG ANAK INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 1 MEKARMULYO

SITI , NUR HALIMAH (2025) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS DONGENG ANAK INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 1 MEKARMULYO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1100Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (962Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca teks kelas IV SD Negeri 1 Mekarmulyo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan membaca pemahaman teks dongeng berdasarkan empat indikator yaitu: (1) menemukan ide pokok, (2) memasangkan pertanyaan dan jawaban, (3) menyusun kembali cerita, dan (4) menjawab pertanyaan berdasarkan teks. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah pendidik kelas IV, serta 22 peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Mekarmulyo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman teks dongeng Anak Indonesia dikateorikan sangat mampu, dari 22 peserta didik tedapat 12 peserta didik dengan kategori sangat mampu, 7 mampu, 2 tidak mampu dan 1 sangat tidak mampu dalam kemampuan membaca pemahaman. Dari keempat indikator yang digunaan dalam penelitian ini, indikator yang mendapatkan persentase tinggi adalah indikator menemukan ide pokok yaitu 93% sedangkan indikator yang yang mendapatkan persentase terendah adalah indikator menceritakan kembali cerita yaitu 86%. Kata Kunci: kemampuan membaca pemahaman, teks dongeng anak Indonesia

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301479130 . Digilib
Date Deposited: 12 Jun 2025 06:06
Terakhir diubah: 12 Jun 2025 06:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88376

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir