PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA PESERTA DIDIK KELAS IV SD

AYU , RAHMAWATI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA PESERTA DIDIK KELAS IV SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (131Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2231Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1946Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Pendidikan Pancasila peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)pengaruh penerapan model pembelajaran RADEC terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila dan (2)perbedaan hasil belajar Pendidikan Pancasila peserta didik kelas IV menggunakan model RADEC dan menggunakan model Discovery Learning di SD. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dan populasi sebanyak 46 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah teknik tes dan teknik non tes. Data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dan uji t. Hasil perhitungan uji regresi linier sederhana menunjukkan Fhitung sebesar 42,570 dengan signifikansi 0.000 yang artinya (0,000<0,05) dan hasil perhitungan uji t dengan nilai signifikansi 0,000 sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran RADEC terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila dan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Pendidikan Pancasila peserta didik kelas IV menggunakan model RADEC dan menggunakan model Discovery Learning di SD Negeri 1 Metro Timur. Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran RADEC, Pendidikan Pancasila, peserta didik kelas IV, quasi eksperimen

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301625414 . Digilib
Date Deposited: 12 Jun 2025 08:32
Terakhir diubah: 12 Jun 2025 08:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88426

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir