PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 01 ABUNG TINGGI TAHUN PELAJARAN 2024/2025

RIFI, MISNAWATI (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 01 ABUNG TINGGI TAHUN PELAJARAN 2024/2025. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2026Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1875Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil belajar siswa yang bervariasi seringkali disebabkan oleh perbedaan gaya belajar yang tidak diakomodasi dalam proses pembelajaran. Dalam konteks pembelajaran geografi yang membutuhkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir spasial, penting bagi guru untuk menerapkan strategi yang mampu menyesuaikan dengan karakteristik belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XII SMA Negeri 01 Abung Tinggi tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) tipe non-equivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan pembelajaran berdiferensiasi (visual, auditori, dan kinestetik) dan kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan meliputi kuisioner identifikasi gaya belajar dan tes hasil belajar geografi. Data dianalisis menggunakan perhitungan n-gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar serta ujit independen untuk menguji perbedaan signifikan antar kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dan uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar geografi siswa. Kata kunci: pembelajaran berdiferensiasi, gaya belajar, hasil belajar, geografi, eksperimen semu

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 2308263772 . Digilib
Date Deposited: 12 Jun 2025 08:30
Terakhir diubah: 12 Jun 2025 08:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88435

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir