RIZKA , AULIA ZAHRA (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3930Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3830Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran berbasis permainan terhadap kemampuan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif, pendekatan kuantitatif, dan desain kuasi eksperimen. Kelompok eksperimen diberi perlakuan metode pembelajaran berbasis permainan dalam tiga pertemuan dengan materi utama teks deskripsi. Data penelitian ini diambil melalui tes tertulis yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji ANOVA dengan standar deviasi 38 pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima, yang artinya penerapan metode pembelajaran berbasis permainan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis teks deskripsi peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Temuan ini membuktikan efektivitas metode pembelajaran berbasis permainan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan demikian, metode pembelajaran berbasis permainan dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam materi menulis teks deskripsi di tingkat SMP. Kata kunci: menulis, deskripsi, pembelajaran, permainan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 2301344824 . Digilib |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 13:17 |
Terakhir diubah: | 12 Jun 2025 13:17 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88458 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |