PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG

RIZKA , AULIA ZAHRA (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3930Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3830Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran berbasis permainan terhadap kemampuan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif, pendekatan kuantitatif, dan desain kuasi eksperimen. Kelompok eksperimen diberi perlakuan metode pembelajaran berbasis permainan dalam tiga pertemuan dengan materi utama teks deskripsi. Data penelitian ini diambil melalui tes tertulis yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji ANOVA dengan standar deviasi 38 pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima, yang artinya penerapan metode pembelajaran berbasis permainan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis teks deskripsi peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Temuan ini membuktikan efektivitas metode pembelajaran berbasis permainan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan demikian, metode pembelajaran berbasis permainan dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam materi menulis teks deskripsi di tingkat SMP. Kata kunci: menulis, deskripsi, pembelajaran, permainan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2301344824 . Digilib
Date Deposited: 12 Jun 2025 13:17
Terakhir diubah: 12 Jun 2025 13:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88458

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir