PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC (READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V

SEPTIANA, - (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC (READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1502Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1280Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SD Negeri 1 Teluk Pandan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 83 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah 55 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu Uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) terdapat pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap hasil belajar IPAS peserta didik. Hal itu dibuktikan dengan hasil thitung = 10,7 > ttabel = 2,021. (2) terdapat pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar IPAS peserta didik, dibuktikan dengan hasil thitung = 5,487 > ttabel = 2,021. (3) terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran RADEC dengan model problem based learning terhadap hasil belajar IPAS peserta didik, dibuktikan dengan hasil thitung = 2,2 > ttabel = 2,021.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301484424 . Digilib
Date Deposited: 13 Jun 2025 02:56
Terakhir diubah: 13 Jun 2025 02:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88527

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir