PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNINGBERBANTUAN AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

RICHO , ARMAYOGA (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNINGBERBANTUAN AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI SISTEM EKSKRESI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (276Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMABAHASAN.pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning berbantuan Augmented Reality (AR) terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas VIII pada materi sistem ekskresi, serta untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap model PBL berbantuan AR yang digunakan pada materi sistem ekskresi. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan jenis data pada penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu soal pre-test dan post-test serta angket tanggapan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa N-gain kemampuan literasi sains peserta didik kelas eksperimen sebesar 0.68, sedangkan kelas kontrol sebesar 0.27. Uji normalitas pada penelitian ini dilakukan menggunakan uji kolmogrov -smirnov dengan hasil kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai taraf signifikansi >0,05, sehingga H0 diterima dan H1 ditolak. Selanjutnya uji homogenitas pada penelitian ini menghasilkan sig. 0,711 > 0,05, berarti H1 diterima. Berikutnya dilakukan uji hipotesis menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05, sehingga diperoleh hasil uji bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Kemudian dilakukan uji Effect Size yang menunjukan nilai sebesar 0.6 dengan kriteria besar. Sedangkan hasil angket tanggapan peserta didik memperoleh rata rata 89.67% dengan kategori baik sekali. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model PBL berbantuan AR terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas VIII pada materi sistem ekskresi. Kata Kunci : AR, kemampuan literasi sains, PBL dan sistem ekskresi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2506709850 Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2025 04:33
Terakhir diubah: 14 Jun 2025 04:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88611

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir