MODEL PEMBELAJARAN KRITIS-KOLABORATIF UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN ABAD 21 CALON GURU IPA DALAM KONTEKS ISU SOSIOSAINTIFIK

IRWANDANI, IRWANDANI (2025) MODEL PEMBELAJARAN KRITIS-KOLABORATIF UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN ABAD 21 CALON GURU IPA DALAM KONTEKS ISU SOSIOSAINTIFIK. [Disertasi]

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (349Kb) | Preview
[img] File PDF
Full Tanpa Lampiran Disertasi_Irwandani_2133031005.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (11Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Tanpa Pembahasan Disertasi_Irwandani_2133031005.pdf

Download (11Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Di masa depan, realita dan tantangan yang semakin kompleks menuntut lembaga pendidikan tinggi untuk mempersiapkan mahasiswa calon guru yang mampu mengajarkan berbagai keterampilan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan Model Pembelajaran Kritis-Kolaboratif (Critical-Collaborative Learning Model/CCLM) dalam membangun keterampilan abad 21 mahasiswa calon guru IPA. Metode penelitian menggunakan metode campuran (mixed method), dengan desain pengembangan model pembelajaran menggunakan langkah Borg dan Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran CCLM dan perangkat pembelajaran yang dibangun memenuhi standar validitas secara isi maupun konstruk. Hasil uji coba terbatas dan uji coba luas menunjukkan bahwa Model Pembelajaran CCLM dinyatakan praktis dan mudah diimplementasikan dalam pembelajaran. Selanjutnya, hasil analisis kuantitatif (pretest-posttest, MANOVA) dan kualitatif (FGD, observasi dan catatan lapangan) mengungkapkan bahwa Model Pembelajaran CCLM secara efektif dapat membangun keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, kolaborasi, dan komunikasi mahasiswa calon guru IPA dibandingkan dengan kelas kontrol. Lebih lanjut, penelitian ini juga memberikan kontribusi pada pembelajaran Online Collaborative Learning (OCL) melalui penambahan tahapan pembentukan kelompok kolaborasi yang terstruktur, literasi kritis, dan aksi berdampak nyata, sehingga menjadikan implementasi dari OCL menjadi lebih matang dan efektif. Dengan demikian, Model Pembelajaran CCLM dapat dijadikan alternatif model pembelajaran masa depan untuk membangun keterampilan abad 21.

Jenis Karya Akhir: Disertasi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Program S3 Studi Doktor Pendidikan
Pengguna Deposit: 2301042643 . Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2025 02:20
Terakhir diubah: 16 Jun 2025 02:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88668

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir