STRATEGI AFILIATOR TIKTOK DALAM MARKETING BRAND BEAUTY DI KABUPATEN TANGERANG

AFIFAH, MUTIARA (2025) STRATEGI AFILIATOR TIKTOK DALAM MARKETING BRAND BEAUTY DI KABUPATEN TANGERANG. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (279Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2625Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1304Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini mengkaji strategi afiliator TikTok dalam pemasaran produk merek kecantikan di Kabupaten Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk strategi yang digunakan dan mengetahui strategi yang efektif bagi afiliator TikTok dalam pemasaran produk merek kecantikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan tujuh afiliator TikTok di Kabupaten Tangerang berdasarkan kriteria informan yang telah ditetapkan. Selain itu, peneliti telah melakukan observasi dengan meninjau akun TikTok masing-masing informan untuk mengidentifikasi strategi yang diterapkan oleh afiliator. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan bukti dari akun afiliator TikTok agar memperkuat hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa afiliator TikTok menerapkan berbagai strategi yang memperhatikan kualitas konten seperti: komunikasi yang baik dengan audiens, penggunaan thumbnail, hastag yang relevan, konsistensi dalam memposting setiap hari, bio yang fokus pada satu kategori tertentu, serta interaksi aktif melalui Direct Message (DM) dan kolom komentar. Temuan lainnya mengungkapkan bahwa jumlah pengikut tidak selalu menentukan besarnya penghasilan afiliator. Selain itu, strategi pemasaran yang efektif dalam mempromosikan produk kecantikan mencakup: penggunaan thumbnail yang menarik, komunikasi afiliator (baik melalui direct-talk maupun voice-over), penggunaan hook yang kuat, Call-To-Action (CTA), konsistensi posting setiap hari dan memposting di jam 09.00–12.00 WIB, serta bio yang terfokus. Konsistensi dalam mengunggah konten berkualitas memiliki pengaruh langsung terhadap jumlah penonton dan penghasilan afiliator. Durasi keterlibatan afiliator dalam program TikTok Affiliate juga turut berkontribusi terhadap besarnya pendapatan, meskipun tetap harus didukung dengan kualitas konten yang baik dan konsisten. Program afiliasi TikTok membuka peluang bagi masyarakat untuk mandiri secara finansial, sehingga menjadi alternatif lapangan kerja di tengah masalah pengangguran di Kabupaten Tangerang. Kata Kunci: Strategi Afiliator TikTok, Afiliasi Pemasaran, Pemasaran Merek Kecantikan, TikTok Shop.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Sosiologi
Pengguna Deposit: 2506707827 Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2025 07:05
Terakhir diubah: 16 Jun 2025 07:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88737

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir