PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Silvia, Julianti (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (378Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3513Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1971Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan e-LKPD terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi pokok Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 5 Bandar Lampung. Penelitian ini Quasy Experimental dengan desain Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII yang berjumlah 60 orang diambil dari populasi berjumlah 276 orang menggunakan teknik cluster random sampling. Data kuantitatif berupa hasil tes keterampilan berpikir kreatif dan data kualitatif berupa data keterlaksanaan sintaks pembelajaran terhadap model PBL dan model Discovery Learning serta data tanggapan peserta didik terhadap model PBL dan model Discovery Learning. Data kuantitatif dianalisis menggunakan uji Independent sample t-test (uji-t) dan data kualitatif dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan nilai N-Gain yang signifikan (P˂0,05), di mana keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang belajar menggunakan model PBL lebih tinggi dibandingkan model Discovery Learning. Pada kelas eksperimen, indikator berpikir kreatif tertinggi adalah fluency (N-Gain 0,77) dengan kategori tinggi, sedangkan terendah adalah elaboration (N-Gain 0,44) dengan kategori sedang. Di kelas kontrol, keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada indikator fluency dan originality tergolong kategori sedang, indikator flexibility dan elaboration tergolong kategori rendah. Hasil angket tanggapan peserta didik diperoleh persentase 88,42% yang menunjukkan bahwa model PBL berbantuan e-LKPD sangat baik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Kata kunci: E-LKPD, Keterampilan Berpikir Kreatif, Model Problem Based Learning, Pencemaran Lingkungan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2506362038 Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2025 07:11
Terakhir diubah: 16 Jun 2025 07:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88741

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir