PENGARUH COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 6 METRO UTARA

DHEA, OCTA VERONIKA (2025) PENGARUH COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 6 METRO UTARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (937Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (857Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 6 Metro Utara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 6 Metro Utara (2) perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi perlakuan model Kooperatif tipe STAD khususnya pada materi pecahan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 6 Metro Utara dengan jumlah 50 peserta didik. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik nonprobability sampling, yaitu jenis total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian adalah (1) terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 6 Metro Utara (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol kelas V SD Negeri 6 Metro Utara. Kata Kunci: Hasil belajar, pembelajaran Kooperatif tipe STAD, pembelajaran matematika

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2506295913 Digilib
Date Deposited: 17 Jun 2025 03:35
Terakhir diubah: 17 Jun 2025 03:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88861

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir