PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERORIENTASI CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS X SMA

RAGITA, AZZAHRA (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERORIENTASI CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS X SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK RAGITA.pdf

Download (402Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN_RAGITA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3217Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB 4 & LAMPIRAN_RAGITA.pdf

Download (2914Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning berorientasi Creative Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kolaborasi peserta didik kelas X pada materi ekosistem dan mengetahui tanggapan peserta didik terhadap penerapan model Discovery Learning berorientasi Creative Problem Solving dalam proses pembelajaran materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan desain pretest posttest non-equivalent control group dengan sampel peserta didik SMAN 13 Bandar Lampung yaitu kelas X.9 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.10 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara purposive sampling. Kelas eksperimen menggunakan model Discovery Learning berorientasi CPS dan kelas kontrol menggunakan model Discovery Learning. Data kemampuan berpikir kreatif diperoleh dari pretest-posttest dan kemampuan kolaborasi diperoleh dari hasil lembar observasi yang dianalisis menggunakan Mann-Whitney test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Discovery Learning berorientasi CPS terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan kolaborasi siswa, dengan nilai sig. (2 tailed) < 0,05. Hasil angket tanggapan peserta didik mendapatkan rata-rata persentase 91,60% sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning berorientasi CPS dalam proses pembelajaran materi ekosistem dapat diterima dengan baik oleh peserta didik. Kata kunci: Berpikir Kreatif, Creative Problem Solving, Discovery Learning, Kolaborasi, Materi Ekosistem

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2506025500 Digilib
Date Deposited: 17 Jun 2025 06:45
Terakhir diubah: 17 Jun 2025 06:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88869

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir