PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERKOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI

DESILVA ELSHA, GAU (2025) PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERKOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_DESILVA ELSHA GAU.pdf

Download (214Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN_DESILVA ELSHA GAU.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2557Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB 4 & LAMPIRAN_SDEESILVA ELSHA GAU_.pdf

Download (1707Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kolaborasi peserta didik pada materi bioteknologi. Penelitian dilaksanakan pada semester genap di SMAS Immanuel Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimental dengan desain penelitian pretest-postest non-equvalent control group. Sampel penelitian pada peserta didik kelas X.1 sebanyak 22 peserta didik sebagai kelas kontrol dan X.2 sebanyak 22 peserta didik sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengmbilan sampel purposive sampling. Pada kelas eksperimen menggunakan pembelajaran PjBL, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode diskusi kelompok. Data kemampuan berpikir kritis didapatkan melalui penilaian pretest-postest yang dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada taraf signifikasi 0,005 didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,005 maka H1 diterima. Kemudian hasil uji pengaruh (effect size) sebesar 1,07 dengan kriteria “Tinggi” yang dapat diartikan bahwa pembelajaran PjBL berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Sedangkan data kemampuan kolaborasi diperoleh dari hasil perhitungan lembar observasi peserta didik. Hasil perhitungan data kemampuan kolaborasi peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dengan presentase nilai 80% dengan kriteria “Sangat baik” dibandingkan dengan kelas kontrol dengan presentase sebesar 59% dengan kategori “Cuku baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PjBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik pada materi bioteknologi. Kata kunci: Bioteknologi, Kemampuan Berpikir Kritis, Kolaborasi, PjBL

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2506589465 Digilib
Date Deposited: 17 Jun 2025 07:45
Terakhir diubah: 17 Jun 2025 07:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88892

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir