Luthfiah, Azzahra Sania Ahmad (2025) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS LAMBAN PESAGI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (283Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (913Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (900Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model problem-based learning berbasis etnosains Lamban Pesagi pada materi larutan penyangga untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar semester genap tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini, yaitu siswa kelas XI IPA 4 dan XI IPA 6 dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan Non-Equivalent Control Group Design. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji Paired Sample t-test dan uji effect size terhadap keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest keterampilan proses sains adalah 34,72 dan rata-rata nilai posttest keterampilan proses sains adalah 82,64 dimana mengalami kenaikan sebesar 47% dengan rata-rata n-Gain 0,73 yang menunjukkan kategori tinggi. Berdasarkan uji Paired Sample t-test yang dilakukan, disimpulkan bahwa rata-rata nilai posttest keterampilan proses sains siswa tidak sama dengan rata-rata nilai pretest proses sains siswa pada materi larutan penyangga. Hasil tersebut menunjukkan efektivitas model problem-based learning berbasis etnosains Lamban Pesagi untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan penyangga sebelum dan sesudah pembelajaran. Ukuran pengaruh dihitung dengan menggunakan uji effect size. Hasil pengujian effect size diperoleh nilai sebesar 0,95 dengan kriteria “besar” menunjukkan bahwa 95% peningkatan keterampilan proses sains siswa dipengaruhi oleh model problem-based learning berbasis etnosains Lamban Pesagi. Kata kunci: etnosains Lamban Pesagi, problem-based learning, keterampilan proses sains
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2506980274 Digilib |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 03:01 |
Terakhir diubah: | 18 Jun 2025 03:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88965 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |