PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK MUTIA KASIH BANDAR LAMPUNG

Riva, Adela (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK MUTIA KASIH BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (195Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL..pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3564Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3394Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran busy book terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 5 – 6 tahun di TK Mutia Kasih Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ekperimen, yaitu jenis penelitian Pre-Ekperimental dengan desain One Grup Pretest-Posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 19 anak usia 5 – 6 tahun. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pruposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi. Observasi dilakukan menggunakan lembar observasi yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan menggunakan rumus Alpa Cronbach dan dinyatakan sangat reliabel dengan skor 0,968. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu N-Gain dan Uji Paired Sampe T-Test. Sebelum uji Paired sampel T-Test, dilakukan perhitungan N-gain untuk mengukur pengaruh kemampuan berpikir simbolik dengan membandingkan nilai pre-treatment dan post-treatment. Hasil N-gain menunjukkan pengaruh dalam kategori sedang (0,30 < N-gain < 0,70) dengan rata rata 0,6996 yang berarti bahwa berada pada kategori sedang. Kemudian, uji Paired Sample T-test menunjukkan nilai Asymp. Sig sebesar (0,000 < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Dengan kata lain, terdapat pengaruh media pembelajaran busy book terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Mutia Kasih Bandar Lampung.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini PG-PAUD
Pengguna Deposit: 2506657821 Digilib
Date Deposited: 18 Jun 2025 11:46
Terakhir diubah: 18 Jun 2025 11:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89019

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir