EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SiMaYang TIPE-II BERBASIS ETNOKIMIA PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

IQBAL, KURNIAWAN (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SiMaYang TIPE-II BERBASIS ETNOKIMIA PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (222Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2268Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1869Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran SiMaYang tipe-II berbasis etnokimia pada materi faktor-faktor yang mem-pengaruhi laju reaksi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Punggur semester genap tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini, yaitu siswa kelas XI.1 sebagai kelas kontrol dan XI.2 sebagai kelas eksperimen, pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Metode penelitian ini termasuk quasi experiment dengan desain pretest-posttest non equivalent control group design. Efektivitas model pembelajaran SiMaYang tipe-II berbasis dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata, yaitu uji t dan uji effect size terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretes keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen adalah 33,45 dan rata-rata nilai postes keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen adalah 80 dengan rata-rata n-gain 0,71 yang menunjukkan kategori tinggi. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata yang dilakukan, disimpulkan bahwa model pembelajaran SiMaYang tipe-II berbasis etnokimia efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada fakktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Uji effect size juga dilakukan, hasil pengujian effect size menunjukkan hasil 0,97 berarti peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran SiMaYang tipe-II berbasis etnokimia dengan kriteria besar. Kata kunci: etnokimia, keterampilan berpikir kritis, SiMaYang tipe-II.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2301761133 . Digilib
Date Deposited: 19 Jun 2025 07:41
Terakhir diubah: 19 Jun 2025 07:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89159

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir