IQBAL, KURNIAWAN (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SiMaYang TIPE-II BERBASIS ETNOKIMIA PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (222Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2268Kb) |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1869Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran SiMaYang tipe-II berbasis etnokimia pada materi faktor-faktor yang mem-pengaruhi laju reaksi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Punggur semester genap tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini, yaitu siswa kelas XI.1 sebagai kelas kontrol dan XI.2 sebagai kelas eksperimen, pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Metode penelitian ini termasuk quasi experiment dengan desain pretest-posttest non equivalent control group design. Efektivitas model pembelajaran SiMaYang tipe-II berbasis dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata, yaitu uji t dan uji effect size terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretes keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen adalah 33,45 dan rata-rata nilai postes keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen adalah 80 dengan rata-rata n-gain 0,71 yang menunjukkan kategori tinggi. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata yang dilakukan, disimpulkan bahwa model pembelajaran SiMaYang tipe-II berbasis etnokimia efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada fakktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Uji effect size juga dilakukan, hasil pengujian effect size menunjukkan hasil 0,97 berarti peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran SiMaYang tipe-II berbasis etnokimia dengan kriteria besar. Kata kunci: etnokimia, keterampilan berpikir kritis, SiMaYang tipe-II.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2301761133 . Digilib |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 07:41 |
Terakhir diubah: | 19 Jun 2025 07:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89159 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |