PENGARUH MEDIA POWERPOINT BERBANTUAN CANVA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF KELAS V SD

Leha, Putri Kurnia Sari (2025) PENGARUH MEDIA POWERPOINT BERBANTUAN CANVA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF KELAS V SD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1175Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1019Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya indikator kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V Sekolah dasar. Pembelajaran di sekolah masih menggunakan metode ceramah belum menerapkan pembelajaran dengan media interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media powerpoint berbantuan canva terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 2 Banjar Negeri dengan jumlah 48 peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan Teknik sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang siginifikan media powerpoint berbantuan canva terhadap kemampuan berpikir kreatif kelas V SD Negeri 2 Banjar Negeri. Kata Kunci : berpikir kreatif, canva, media powerpoint The problem of this research was the low indicator creative thinking ability of fifthgrade elementary school students. Learning in schools still used the lecture method and had not yet implemented learning with interactive media. The purpose of this research was to determine the effect of using PowerPoint media by assisted Canva on creative thinking skills in elementary school IPAS learning. This type of research used quantitative research with a quasi-experimental method and a non-equivalent control group design. The population and sample of this study were all fifth-grade students of SD Negeri 2 Banjar Negeri, totaling 48 students. The sampling technique used in this research was the saturated sampling technique. The results of the study showed that there was a significant influence of Canva-assisted PowerPoint media on the creative thinking abilities of fifth-grade students at SD Negeri 2 Banjar Negeri. Keywords: creative thinking, canva, powerpoint media

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2506039200 Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2025 04:52
Terakhir diubah: 21 Jun 2025 04:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89256

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir