ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI, INFORMASI, DAN KOMUNIKASI DI SD NEGERI 5 METRO UTARA

MIFTAHUL , JANNAH (2025) ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI, INFORMASI, DAN KOMUNIKASI DI SD NEGERI 5 METRO UTARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACK).pdf

Download (200Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1766Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1245Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah tentang pentingnya teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan khususnya dalam pembelajaran. Pendidik dituntut untuk dapat mengimplementasikan pembelajaran berbasis TIK sebagai tantangan era globalisasi dan perkembangan pendidikan sesuai zaman. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis implementasi pembelajaran berbasis TIK dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran di SD Negeri 5 Metro Utara. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian kualitatif dengan melibatkan beberapa informan yaitu kepala sekolah, pendidik, dan peserta didik. Pengumpulan data melalui kegiatan wawancara, observasi, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian ini 1) implementasi perencanaan pembelajaran berbasis TIK dilakukan oleh pendidik dengan memanfaatkan alat TIK untuk menunjang pembuatan perangkat pembelajaran maupun melakukan diagnostik awal pada peserta didik. Media yang digunakan adalah laptop untuk membuat perangkat pembelajaran. 2) pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK yang dilakukan oleh pendidik adalah dengan menggunakan proyektor, laptop, chromebook, dan smartphone untuk menunjang kegiatan pembelajaran seperti menyampaikan materi pembelajaran. Alat TIK berupa LCD proyektor digunakan untuk menampilkan video, gambar, dan powerpoint sehingga pembelajaran lebih menarik dan memfasilitasi peserta didik yang memiliki berbagai jenis gaya belajar yang berbeda. 3) evaluasi pembelajaran berbasis TIK adalah dengan menggunakan aplikasi Quizziz untuk membuat tes lebih menarik. Kata kunci: implementasi, pembelajaran, teknologi informasi dan komunikasi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2506047695 Digilib
Date Deposited: 20 Jun 2025 07:45
Terakhir diubah: 20 Jun 2025 07:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89263

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir