PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

ALAN, BUDI KUSUMA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (276Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2061Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1856Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran RADEC berbantuan media Question Card terhadap hasil belajar peserta didik: (2) Perbedaan penerapan model pembelajaran RADEC berbantuan media di kelas eksperimen dan kelas non eksperimen terhadap hasil belajar. Metode penelitian menggunakan quasieksperiment dengan desain penelitian non-equivalent control group. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SD Negeri 2 Banding Agung dengan sampel penelitian kelas IV. Kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, jumlah sampel 40 peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan: (1) rerata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitu 75,5 > 67; (2) Adanya pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran RADEC berbantuan media Questiion Card terhadap hasil belajar peserta didik dengan Fhitung > Ftabel , yaitu 6,73 > 4,99 (uji regresi linier sederhana); (3) Adanya perbedaan signifikan pembelajaran dengan model pembelajaran RADEC berbantuan media Question Card dibanding kelas yang hanya menggunakan model pembelajaran RADEC saja, dengan thitung > ttabel, yaitu 7,248 > 2,021(kelas eksperimen), dan 3,595 > 2,021(uji-t). Kata Kunci: Hasil belajar, IPAS, Model pembelajaran RADEC, Question Card

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2506314094 Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2025 13:47
Terakhir diubah: 21 Jun 2025 13:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89375

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir