SUCI, MAHARANI (2025) UPAYA UNITED NATIONS CHILDREN’S FUND (UNICEF) TERKAIT PENGEMBANGAN KONDISI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI INDONESIA. ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, LAMPUNG.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (295Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
Skripsi full.pdf Restricted to Hanya staf Download (3779Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
Skripsi full tanpa pembahasan.pdf Download (3780Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia serta menganalisis peran United Nations Children’s Fund (UNICEF) dalam meningkatkan kualitas dan akses layanan PAUD. Latar belakang penelitian mencakup rendahnya angka partisipasi PAUD, ketimpangan mutu antarwilayah, serta keterbatasan sumber daya dan infrastruktur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan data sekunder dari laporan resmi UNICEF, BPS, dan dokumen pendukung lainnya. Dengan menggunakan teori organisasi internasional dari Clive Archer, penelitian ini menemukan bahwa UNICEF menjalankan tiga fungsi utama: sebagai instrumen, arena, dan aktor independen yang berperan dalam pembentukan norma, advokasi kebijakan, penyediaan data, serta pelaksanaan program di lapangan. Hasilnya menunjukkan bahwa UNICEF berkontribusi dalam penguatan sistem PAUD di Indonesia, melalui pendekatan yang holistik, inklusif, dan berkelanjutan. Kata kunci: UNICEF, PAUD, organisasi internasional, Indonesia. This study aims to describe the condition of Early Childhood Education (PAUD) in Indonesia and analyze the role of the United Nations Children’s Fund (UNICEF) in improving the quality and accessibility of PAUD services. The background of the research includes the low participation rate in PAUD, disparities in quality between regions, as well as limited resources and infrastructure. This research uses a descriptive qualitative approach with secondary data from official reports by UNICEF, BPS, and other supporting documents. Using Clive Archer’s theory of international organizations, the study finds that UNICEF performs three main functions: as an instrument, an arena, and an independent actor, playing roles in norm formation, policy advocacy, data provision, and program implementation in the field. The results show that UNICEF contributes to strengthening the PAUD system in Indonesia through holistic, inclusive, and sustainable approaches. Keywords: UNICEF, PAUD, international organizations, Indonesia.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 303 Proses sosial 300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan) |
Program Studi: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Hubungan Internasional |
Pengguna Deposit: | 2506874761 Digilib |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 07:43 |
Terakhir diubah: | 23 Jun 2025 07:43 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89445 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |