PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

JELITA AMALIA, PUTRI (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_JELITA AMALIA PUTRI.pdf

Download (456Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI JELITA TANPA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
JELITA SKRIPSI.pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian dilaksanakan pada semester genap di SMA Lifeskills Kesuma Bangsa Natar tahun ajaran 2024/2025. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan teknik pretest-posttest non-equivalent control group design. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data kuantitatif pada kemampuan berpikir kritis berupa tes uraian dan data kualitatif diperoleh dari respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan model PBL. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model PBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi keanekaragaman hayati yang menggunakan uji Mann whitney dengan nilai Sig (2-tailed) 0,00 < 0,05. Peningkatan nilai pretest-posttest kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata N-gain sebesar 0,75 termasuk kategori sedang, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain 0,35 termasuk kategori rendah. Dilakukan juga uji Effect size didapatkan nilai 1,554 dengan kriteria “besar”. Dengan demikian, model PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Keanekaragaman Hayati, Problem Based Learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2506571792 Digilib
Date Deposited: 23 Jun 2025 08:34
Terakhir diubah: 23 Jun 2025 08:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89463

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir