0743023052, Rosita Wardani (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT PADA SISWA SMAN 5 BANDAR LAMPUNG. UNSPECIFIED.
|
File PDF
1. COVER.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4.MENYETUJUI.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. MENGESAHKAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. SANWACANA.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. MOTTO.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN SKRIPSI MAHASISWA.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar pustaka.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
I_menuju Kompre.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
II_menuju Kompre.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
III_menuju Kompre.pdf Download (125Kb) | Preview |
|
File PDF
IV_menuju Kompre.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (165Kb) |
||
|
File PDF
V_menuju Kompre.pdf Download (14Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran Learning Cycle 3E dalam meningkatkan penguasaan konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit pada siswa SMA Negeri 5 Bandar Lampung. Model pembelajaran Learning Cycle 3E merupakan salah satu model pembelajaran yang terdiri dari 3 fase yaitu (1) Fase eksplorasi (exploration); (2)Fase pengenalan konsep (explaination); (3)Fase aplikasi konsep (elaboration). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelas X SMAN 5 Bandar Lampung. Sampel penelitian ini adalah siswa siswi kelas X 4 dan X 5 SMAN 5 Bandar Lampung semester genap Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan meng- gunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Efektivitas model Learning Cycle 3E diukur berdasarkan penebedaan N-gain yang signifikan anatara kedua sampel yang digunakan (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N- gain penguasaan konsep kelas eksperimen 0,34 dan kelas kontrol 0,20. Berdasarkan hasil analisis data N-gain tersebut, menunjukkan bahwa penguasaan konsep yang diberi pembelajaran Learning Cycle 3E lebih tinggi daripada yang diterapkan pembelajaran konvensional. Selanjutnya untuk mengetahui apakah sampel ini berlaku untuk populasi, maka dilakukan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Learning Cycle 3E efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Kata kunci: pembelajaran Learning Cycle 3E, penguasaan konsep, larutan elektrolit dan nonelektrolit.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 01:59 |
Terakhir diubah: | 19 Oct 2015 07:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8957 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |