MUHAMMAD , RIZAL HABIB (2025) ANALISIS PERAN PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN KESADARAN ANTI KORUPSI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf Download (182Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3517Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2771Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Korupsi merupakan masalah serius yang merusak berbagai aspek kehidupan, termasuk sektor pendidikan. Meskipun berbagai upaya telah dilakukan, kesadaran anti-korupsi di kalangan peserta didik masih perlu diperkuat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran pendidik dalam membimbing, mendidik, dan mengarahkan peserta didik dalam memahami serta menerapkan nilai-nilai anti-korupsi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dan rancangan pada penelitian ini adalah studi kasus Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan pendidik dan peserta didik, serta analisis dokumen. Lokasi penelitian dilakukan di SDIT Wahdatul Ummah Metro dengan melibatkan 13 orang pendidik, 16 peserta didik, dan 3 orang tua sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai anti-korupsi melalui berbagai metode, seperti integrasi nilai anti korupsi dalam pembelajaran, pemberian contoh konkret, serta diskusi kasus dan refleksi. Namun, beberapa tantangan yang dihadapi meliputi rendahnya kesadaran peserta didik terhadap pentingnya disiplin waktu, kecenderungan sikap pamer, serta kurangnya keberanian dalam menegur teman yang melakukan pelanggaran kecil. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang lebih efektif dan pendekatan yang berkelanjutan untuk meningkatkan pemahaman serta penerapan nilai-nilai anti-korupsi di kalangan peserta didik. Kata kunci: pendidikan anti korupsi, peran pendidik, kesadaran peserta didik.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2506402127 Digilib |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 04:01 |
Terakhir diubah: | 25 Jun 2025 04:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89590 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |