INDAH, HARTINI (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 01 BUMI NABUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf Download (187Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2747Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (2282Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri 01 Bumi Nabung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis adanya pengaruh model project based learning berbasis etnosains terhadap hasil belajar IPAS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 46 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan non probability sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 46 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes. Data diuji hipotesisnya dengan menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model project based learning berbasis etnosains terhadap hasil belajar IPAS peserta didik. Kata Kunci: project based learning berbasis etnosains, hasil belajar, IPAS The problem of this research was the low learning outcomes in IPAS of grade IV students at SD Negeri 01 Bumi Nabung. The purpose of this research was to describe and analyze the influence of the ethnoscience-based project-based learning model on IPAS learning outcomes. The type of research was quantitative research with an experimental approach. The research design used is a non-equivalent control group design. The research population consists of 46 students. The research sampling technique used was non-probability sampling. The sample in this study consists of 46 students. Data collection techniques using test and non-test methods. The data was tested for its hypothesis used a simple regression test. The results of this study indicate that there was an influence of the project-based learning model based on ethnoscience on the learning outcomes of students in IPAS. Keywords: project based learning based on ethnoscience, learning outcomes, IPAS
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2506225172 Digilib |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 09:46 |
Terakhir diubah: | 25 Jun 2025 09:46 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89618 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |