PENGARUH MODEL COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING BERORIENTASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT(ESD) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SUSTAINABILITY AWARENESS

SALMA, QONITA (2025) PENGARUH MODEL COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING BERORIENTASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT(ESD) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SUSTAINABILITY AWARENESS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
salqon abstrak.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripis Salma Qonita full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2144Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripis Salma Qonita tanpa pembahasan.pdf

Download (1825Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model Collaborative Problem Solving berorientasi Education for Sustainable Development terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Sustainability awareness di MAN 1 Metro tahun 2024/2025 pada materi ekosistem. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAN 1 Metro. Sampel penelitian adalah peserta didik di kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-2 sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Pengambilan data diperoleh melalui pretest-posttest dan angket sustainability awareness. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa keterampilan berpikir kritis dan sustainability awareness peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Collaborative Problem Solving berorientasi Education for Sustainable Development dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan hasil uji hipotesis Sig. (2-tailed) 0,00<0,05 dengan aspek yang mengalami peningkatan paling tinggi adalah aspek Inference dengan nilai N Gain 0,73. Pada Sustainability Awareness terjadi peningkatan baik kelas eksperimen ataupun kelas kontrol dengan peningkatan paling tinggi indikator kesadaran perilaku dan sikap dengan persentase 96,19 untuk kelas eksperimen dan 89,52 untuk kelas kontrol. Kata Kunci: collaborative problem solving, education for sustainable development, keterampilan berpikir kritis, sustainability awareness

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2506984465 Digilib
Date Deposited: 26 Jun 2025 01:29
Terakhir diubah: 26 Jun 2025 01:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89630

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir