UMAMAH , APRIYANTI (2025) EFEKTIVITAS e-LKPD BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK UMAMAH APRIYANTI.pdf Download (230Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
TESIS FULL UMAMAH APRIYANTI.pdf Restricted to Hanya staf Download (11Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN UMAMAH APRIYANTI.pdf Download (9Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk, mendeskripsikan kepraktisan dan keefektifan e-LKPD berdiferensiasi pada pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Hasil studi pendahuluan mengungkapkan 80% guru belum menggunakan e-LKPD berdiferensiasi dalam pembelajaran berbasis proyek. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D yang mengacu pada model pengembangan 4D menurut Thiagarajan. Subyek untuk uji coba produk adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Candipuro tahun pelajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan desain yang digunakan untuk uji coba produk adalah One-Group Pretest Posttest Design. Instrumen pengambilan data pada penelitian ini adalah angket analisis kebutuhan e-LKPD menurut guru dan menurut siswa, angket validasi produk oleh ahli, angket respon guru dan siswa, soal pretest-postest, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji-t terhadap rata-rata n-Gain keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian ini produk e-LKPD berdiferensiasi berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Produk ini merupakan bahan ajar yang digunakan sebagai panduan terhadap proses pemecahan masalah yang disebabkan oleh sampah organik. Hasil validasi ahli pada kesesuaian isi dan kesesuaian konstuksi memperoleh persentase nilai sebesar 96% yang menunjukkan bahwa produk e-LKPD berdiferensiasi ini valid. Rata-rata persentase respon guru 99% dan siswa sebesar 97% yang menunjukkan bahwa produk e-LKPD berdiferensiasi ini praktis. Keefektifan produk e-LKPD berdiferensiasi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dilihat dari rata-rata n-Gain siswa sebesar 0,61 dengan kriteria sedang. Adapun hasil penilaian keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-LKPD berdiferensiasi berbasis proyek pengolahan sampah organik pada aspek sintaks 97% dan aspek sistem sosial 100%, menunjukkan kriteria tingkat keterlaksanaan “sangat tinggi”. Kata kunci : e-LKPD berdiferensiasi, pembelajaran berbasis proyek, keterampilan berpikir kritis, sampah organik This study aims to develop a product, describe the practicality and effectiveness of differentiated e-LKPD in project-based learning to improve critical thinking skills. The results of a preliminary study revealed that 80% of teachers have not used differentiated e-LKPD in project-based learning. The research method used is R&D which refers to the 4D development model according to Thiagarajan. The subjects for the product trial were students of class VIII E of SMP Negeri 1 Candipuro in the 2024/2025 academic year. The sampling technique was carried out using purposive sampling and the design used for the product trial was One-Group Pretest Posttest Design. The data collection instruments in this study were questionnaires on the analysis of e-LKPD needs according to teachers and students, product validation questionnaires by experts, teacher and student response questionnaires, pretest-posttest questions, and learning implementation sheets. The data analysis technique used a t-test on the average n-Gain of critical thinking skills. The results of this study are project-based differentiated e-LKPD products to improve students' critical thinking skills. This product is a teaching material used as a guide to the problem-solving process caused by organic waste. The results of expert validation on the suitability of content and suitability of construction obtained a percentage value of 96% which indicates that this differentiated e-LKPD product is valid. The average percentage of teacher responses is 99% and students are 97% which indicates that this differentiated e-LKPD product is practical. The effectiveness of the differentiated e-LKPD product in improving critical thinking skills is seen from the average n-Gain of students of 0.61 with moderate criteria. The results of the assessment of the implementation of learning using differentiated e-LKPD based on organic waste processing projects on the syntax aspect of 97% and the social system aspect of 100%, indicating the criteria for the level of implementation of "very high". Key words: differentiated e-LKPD, project-based learning, critical thinking skills, organic waste
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan IPA |
Pengguna Deposit: | 2506261090 Digilib |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 07:01 |
Terakhir diubah: | 26 Jun 2025 07:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89732 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |