EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI REAKSI OKSIDASI-REDUKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PENGUASAAN KONSEP PADA SISWA

0853023027, Lia Andesta (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI REAKSI OKSIDASI-REDUKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PENGUASAAN KONSEP PADA SISWA. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
1.Cover.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. PERNYATAAN.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4.cover dalam.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5.Penyetujuan.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. Mengesahkan.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7.RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. Persembahan.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. MOTTO.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. SANWACANA.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (116Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Negeri 13 Bandar Lampung, diketahui bahwa proses pembelajaran pada materi reaksi oksidasi-reduksi masih menggunakan metode ceramah, yang diselingi dengan latihan soal dan tanya jawab, serta siswa tidak dilibatkan dalam menemukan konsep. Hal ini belum sesuai dengan KTSP yang proses pembelajarannya harus berpusat pada siswa. Salah satu model pembelajaran yang mampu melibatkan siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran yang bersifat kontruktivisme, yaitu learning cycle 3E yang terdiri dari 3 fase yaitu fase eksplorasi (exploration), fase penjelasan konsep (explaination)dan fase penerapan konsep (elaboration). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran learning cyle 3E pada materi reaksi oksidasi-reduksi dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 13 Bandar Lampung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dan didapatkan kelas X 4 dan X 5 sebagai sampel. Jenis penetian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 3E diukur berdasarkan perbedaan gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-gain keterampilan meng- komunikasikan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,18 dan 0,67; dan rata-rata n-gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0.12 dan 0,27. Berdasarkan pengujian hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran Learning Cycle 3E memiliki keterampilan meng- komunikasikan dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Learning Cycle 3E lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan meng- komunikasikan dan penguasaan konsep siswa dibandingkan pembelajaran konvensional. Kata kunci: Learning Cycle 3E, keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 28 Apr 2015 02:00
Terakhir diubah: 19 Oct 2015 07:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8975

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir