0853023027, Lia Andesta (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI REAKSI OKSIDASI-REDUKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PENGUASAAN KONSEP PADA SISWA. UNSPECIFIED.
|
File PDF
1.Cover.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. PERNYATAAN.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4.cover dalam.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. ABSTRAK.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5.Penyetujuan.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Mengesahkan.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7.RIWAYAT HIDUP.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. Persembahan.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. MOTTO.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (116Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Negeri 13 Bandar Lampung, diketahui bahwa proses pembelajaran pada materi reaksi oksidasi-reduksi masih menggunakan metode ceramah, yang diselingi dengan latihan soal dan tanya jawab, serta siswa tidak dilibatkan dalam menemukan konsep. Hal ini belum sesuai dengan KTSP yang proses pembelajarannya harus berpusat pada siswa. Salah satu model pembelajaran yang mampu melibatkan siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran yang bersifat kontruktivisme, yaitu learning cycle 3E yang terdiri dari 3 fase yaitu fase eksplorasi (exploration), fase penjelasan konsep (explaination)dan fase penerapan konsep (elaboration). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran learning cyle 3E pada materi reaksi oksidasi-reduksi dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 13 Bandar Lampung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dan didapatkan kelas X 4 dan X 5 sebagai sampel. Jenis penetian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 3E diukur berdasarkan perbedaan gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-gain keterampilan meng- komunikasikan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,18 dan 0,67; dan rata-rata n-gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0.12 dan 0,27. Berdasarkan pengujian hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran Learning Cycle 3E memiliki keterampilan meng- komunikasikan dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Learning Cycle 3E lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan meng- komunikasikan dan penguasaan konsep siswa dibandingkan pembelajaran konvensional. Kata kunci: Learning Cycle 3E, keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 02:00 |
Terakhir diubah: | 19 Oct 2015 07:17 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8975 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |