PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEKS PERCAKAPAN BAHASA LAMPUNG DI SMA KELAS X

RENATALIA, MARSELINDA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEKS PERCAKAPAN BAHASA LAMPUNG DI SMA KELAS X. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (235Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (20Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHAN.pdf

Download (3193Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian dilatarbelakangi oleh keterbatasan media pembelajaran yang digunakan oleh peserta didik pada materi teks percakapan Bahasa Lampung di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mobile learning dalam pembelajaran teks percakapan Bahasa Lampung di SMA kelas X yang dapat diunduh di google playstore, mendeskripsikan kelayakan dan efektivitas media pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) yang disadur dari teori Borg & Gall dalam Sugiyono. Prosedur penelitian tersebut terdiri atas sepuluh langkah tetapi dalam penelitian ini, peneliti menggunakan sebelas langkah sesuai dengan kebutuhan peneliti, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba awal, revisi produk, produksi masal awal, uji coba pemakaian, revisi produk akhir, dan produksi masal akhir. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 4 Bandarlampung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara dan survei menggunakan kuesioner. Wawancara dilaksanakan untuk menemukan masalah yang ada sedangkan survei menggunakan kuesioner dilaksanakan untuk melakukan analisis kebutuhan media pembelajaran kepada peserta didik dan validasi kelayakan produk. Hasil penelitian adalah media mobile learning sebagai media pembelajaran Bahasa Lampung yang dapat diunduh pada google playstore dan diinstal pada gawai android. Media mobile learning yang dikembangkan dinilai sangat layak berdasarkan hasil validasi dan revisi oleh ahli materi pembelajaran dengan presentase 96%, ahli media pembelajaran 98,66%, pendidik Bahasa Lampung 97,7%, uji coba awal lima orang teman sejawat 93,52% dan uji coba oleh peserta didik 92,94%. Revisi media mobile learning meliputi konten materi dan tampilan media pembelajaran. Selain itu, produk yang dikembangkan efektif digunakan berdasarkan hasil uji coba pemakaian dua puluh enam peserta didik dengan kriteria nilai 0,866 yang termasuk dalam kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa media mobile learning yang dikembangkan sangat layak menjadi media pembelajaran Bahasa Lampung di SMK Negeri 4 Bandarlampung. Kata kunci: Bahasa Lampung, mobile learning, pengembangan, teks percakapan.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 2506840015 Digilib
Date Deposited: 26 Jun 2025 08:30
Terakhir diubah: 26 Jun 2025 08:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89767

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir