ANALISIS PREFERENSI, POLA KONSUMSI, DAN KEPUASAN KONSUMEN GULA SEMUT DI PASAR MODERN KOTA BANDAR LAMPUNG

Luthfia Nur, Salsabila (2025) ANALISIS PREFERENSI, POLA KONSUMSI, DAN KEPUASAN KONSUMEN GULA SEMUT DI PASAR MODERN KOTA BANDAR LAMPUNG. PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (3430Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3264Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2877Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

This study aims to analyze preferences, consumption patterns and consumer satisfaction for crystal palm sugar at modern markets in Bandar Lampung City. The study used a survey method with data collection conducted in February 2025. Respondents totaled 60 people who were taken by accidental sampling in four selected modern market locations, which are Chandra Supermarket, Chandra Mini Market, Super Indo, and Fitrinofane. The analytical methods used are conjoin analysis, quantitative descriptive analysis, Customer Satisfaction Index (CSI), and Importance Performance Analysis (IPA). The research found that consumer preferences at modern market in Bandar Lampung City for crystal palm sugar are fragrant aroma, coarse grain texture, dark brown color, 250 gram using standing pouch packaging. Consumers consume crystal palm sugar as an alternative sweetener and the brands that are widely purchased are Aromanis, Haan, and Edna. The 250 gram6666 size is the usual size purchased by consumers with a purchase frequency of one to two times and a consumption frequency of fifteen times per month. The number of purchases made was 272 grams per month and the amount of consumption was 176 grams per month. Consumer satisfaction is in the very satisfied category. The attributes of crystal palm sugar that need to be maintained are price attributes, ease of obtaining, availability of expiration dates, halal labels, and distribution permits. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi, pola konsumsi dan kepuasan konsumen terhadap gula aren kristal di pasar modern Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pengumpulan data yang dilakukan pada bulan Februari 2025. Responden berjumlah 60 orang yang diambil secara accidental sampling di empat lokasi pasar modern terpilih, yaitu Chandra Supermarket, Chandra Mini Market, Super Indo, dan Fitrinofane. Metode analisis yang digunakan adalah analisis konjoin, analisis deskriptif kuantitatif, Customer Satisfaction Index (CSI), dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi konsumen di pasar modern di Kota Bandar Lampung terhadap gula aren kristal adalah aroma harum, tekstur butiran kasar, warna coklat tua, ukuran 250 gram menggunakan kemasan standing pouch. Konsumen mengonsumsi gula aren kristal sebagai pemanis alternatif dan merek yang banyak dibeli adalah Aromanis, Haan, dan Edna. Ukuran 250 gram merupakan ukuran yang biasa dibeli oleh konsumen dengan frekuensi pembelian sebanyak satu hingga dua kali dan frekuensi konsumsi sebanyak lima belas kali per bulan. Jumlah pembelian yang dilakukan sebanyak 272 gram per bulan dan jumlah konsumsi sebanyak 176 gram per bulan. Kepuasan konsumen berada pada kategori sangat puas. Atribut gula aren kristal yang perlu dipertahankan adalah atribut harga, kemudahan mendapatkan, ketersediaan tanggal kadaluwarsa, label halal, dan izin edar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: FAKULTAS PERTANIAN (FP) & PASCASERJANA > Prodi S1 Agribisnis
Pengguna Deposit: 2506359354 Digilib
Date Deposited: 30 Jun 2025 02:54
Terakhir diubah: 30 Jun 2025 02:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89870

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir