PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Bandarlampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025)

AL AMIN, - (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Bandarlampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (273Kb) | Preview
[img] File PDF (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1508Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN)
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1468Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Bandarlampung semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 174 siswa yang terdistribusi ke dalam enam kelas. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan terpilih siswa kelas VIII B sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebanyak 29 siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan representasi matematis siswa. Berdasarkan analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U diperoleh bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model guided inquiry lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran guided inquiry berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2506664379 Digilib
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:12
Terakhir diubah: 01 Jul 2025 02:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89928

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir