PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 28 BANDAR LAMPUNG

Alna Tarisa, Desisfa (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 28 BANDAR LAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_ALNA TARISA.pdf

Download (1873Kb) | Preview
[img] File PDF
ALNA TARISA_SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1872Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB 4 DAN LAMPIRAN_ALNA TARISA.pdf

Download (1873Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning bermuatan socio-scientific issues terhadap literasi sains peserta didik kelas VII di SMPN 28 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment dengan teknik pretest postest non-equivalent control group design. Sampel diambil melalui teknik purposive sampling dengan jumlah 28 peserta didik kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan 28 peserta didik kelas VII D sebagai kelas kontrol. Data kemampuan literasi sains diambil melalui pretest dan postest sementara data tanggapan peserta didik diperoleh melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains kelas eksperimen lebih tinggi (N-gain 0,65) dan berbeda nyata dibandingkan dengan kelas kontrol (N-gain 0,40). Hasil uji independent sample t-test didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya H₀ ditolak dan H₁ diterima. Kemudian, hasil uji effect size menunjukkan bahwa problem based learning bermuatan socio-scientific issues berpengaruh besar dengan kriteria tinggi (2,36). Kemampuan literasi sains tertinggi terdapat pada indikator menjelaskan fenomena secara ilmiah (N-gain 0,67) dengan kategori sedang dan terendah pada indikator menafsirkan data dan bukti secara ilmiah (N-gain 0,59). Selain itu, hasil uji juga didukung oleh hasil angket yang mendapat tanggapan positif dan diterima oleh peserta didik dengan persentase 85% (hampir semua setuju). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan problem based learning bermuatan socio-scientific issues berpengaruh terhadap literasi sains peserta didik. Kata kunci: Literasi Sains, Model Problem Based Learning, Socio-Scientific Issues

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2506706723 Digilib
Date Deposited: 01 Jul 2025 07:28
Terakhir diubah: 01 Jul 2025 07:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89990

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir