PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERMUATAN SOCIO SCIENTIFICT ISSUE (SSI) BERBANTU INFOGRAFIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIFPESERTA DIDIK KELAS VII

Vita, Yuniar (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERMUATAN SOCIO SCIENTIFICT ISSUE (SSI) BERBANTU INFOGRAFIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIFPESERTA DIDIK KELAS VII. Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_ VITA YUNIAR.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL VITA YUNIAR_TANPA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB 4 DAN LAMPIRAN VITA YUNIAR.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model Problem Based Learning (PBL) bermuatan Socio Scientifict Issue (SSI) berbantu infografis terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan ialah Quasi Eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Non-equivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik Purpose Sampling dan diperoleh kelas VII B sebanyak 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebanyak 31 peserta didik sebagai kelas kontrol. Jenis data yang diukur dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif berupa soal pretest dan posttest dan data kualitatif berupa angket. Hasil Uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test dengan hasil menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0.00 < 0,05, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian adanya pengaruh yang signifikan penggunaan model PBL bermuatan SSI berbantu infografis terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VII SMP Negeri 28 Bandar Lampung. Penelitian menunjukkan nilai N-gain di kelas eksperimen yaitu sebesar 0,56 yang berada pada kategori “sedang”. Serta hasil uji effect size yaitu sebesar 1,56 dengan interpretasi “besar”. Berdasarkan perolehan hasil angket tanggapan peserta didik memperoleh rata-rata presentase sebesar 83,61% dengan kriteria sangat baik. Kata Kunci : Berpikir Kreatif, Infografis, Problem Based Learning, Socio Scientifict Issue

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2506549261 Digilib
Date Deposited: 01 Jul 2025 07:46
Terakhir diubah: 01 Jul 2025 07:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89997

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir