Shella , Oktaviani (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pringsewu Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK_Shella Oktaviani - Laashella Oktaviani.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL_Shella Oktaviani - Laashella Oktaviani.pdf Restricted to Hanya staf Download (852Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN_Shella Oktaviani - Laashella Oktaviani.pdf Download (793Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan guna mengetahui efektivitas penggunaan LKPD berbasis discovery learning ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pringsewu tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 128 siswa yang terdistibusi ke dalam 4 kelas secara heterogen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 dan VII.3 yang masing-masing terdiri dari 32 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah the pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil uji t’ diperoleh bahwa rata-rata kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis discovery learning lebih tinggi daripada kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan LKPD berbasis pembelajaran konvensional. Hasil uji coba proporsi diperoleh bahwa proporsi siswa yang memiliki kemampuan representasi matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis discovery learning lebih dari 60% dari jumlah siswa. Dengan demikian penggunakan LKPD berbasis discovery learning efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Kata Kunci : efektivitas, kemampuan representasi matematis siswa, LKPD, discovery learning.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 07:42 |
Terakhir diubah: | 04 Sep 2025 07:42 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90242 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |