PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Aditya , Mahendra (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak-2-3 - 01_Aditya Mahendra_3A.pdf

Download (154Kb) | Preview
[img] File PDF
skripsi full _Aditya Mahendra_3A.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2018Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Bab 1235-1-78 (1) - 01_Aditya Mahendra_3A.pdf

Download (1814Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian adalah masih terdapat kurangnya karakter disiplin dan toleransi peserta didik kelas III SD Negeri 1 Kalirejo. Tujuan pada penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif canva berbasis contextual teaching and learning terhadap pembentukan karakter peserta didik. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 62 peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi yaitu lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif canva berbasis contextual teaching and learning terhadap pembentukan karakter peserta didik kelas III SD Negeri 1 Kalirejo. Kata kunci: contextual teaching and learning, karakter, media interaktif canva. The problem in the research was that there is still a lack of discipline and tolerance of third grade students at SD Negeri 1 Kalirejo. The aim of the research is to describe and analyze the influence of using Canva interactive learning media based on contextual teaching and learning on the formation of students' character. Type of quantitative research with an experimental approach. The research design used was a non-equivalent control group design. The population in this study was 62 students. The research sampling technique used saturated sampling. The data collection technique is carried out by observation, namely an observation sheet. The data analysis technique uses a simple regression test. The conclusion of this research is that there is an influence of using Canva interactive learning media based on contextual teaching and learning on the character formation of class III students at SD Negeri 1 Kalirejo. Keywords: character, contextual teaching and learning, interactive media Canva

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 08 Sep 2025 04:20
Terakhir diubah: 08 Sep 2025 04:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90274

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir