PENGARUH GUIDED INQUIRY LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK

Hafiz , Aulia (2024) PENGARUH GUIDED INQUIRY LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Hafiz Aulia.pdf

Download (195Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Hafiz Aulia.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3038Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Hafiz Aulia.pdf

Download (2219Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan guided inquiry Learning dengan pendekatan STEM berbantuan alat peraga terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Sampel pada penelitian ini yaitu, peserta didik kelas X1 dan X2 SMA Negeri 13 Bandar Lampung tahun ajaran 2024/2025. Desain penelitian yang digunakan yaitu metode quasi eksperiment dengan jenis desain pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan yaitu modul ajar dan instrumen pengukuran berupa pretest posttest. Pembelajaran dengan menerapkan guided inquiry Learning dengan pendekatan STEM berbantuan alat peraga berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains peserta didik hal ini terlihat dari nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,51 lebih tinggi dari nilai rata-rata N-Gain pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata N- Gain sebesar 0,30 dengan kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa keterampilan proses sains kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa guided inquiry Learning dengan pendekatan STEM berbantuan alat peraga yang dilakukan berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Kata kunci: Alat Peraga, Guided inquiry Learning, Keterampilan Proses Sains, STEM,

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (FMIPA) > Prodi S1 Fisika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 08 Sep 2025 04:47
Terakhir diubah: 08 Sep 2025 04:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90282

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir