EKO, WIYANTO (2024) OPTIMALISASI APLIKASI POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak - eko wiyanto.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
Full tanpa lampiran - eko wiyanto.pdf Restricted to Hanya staf Download (2553Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
full tanpa pembahasan dan lampiran - eko wiyanto.pdf Download (1514Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan aplikasi powerpoint sebagai media pembelajaran IPA berbasis masalah yang optimal untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, 2) mendeskripsikan kelayakan dan 3) kepraktisan media pembelajaran IPA berbasis masalah menggunakan aplikasi powerpoint yang dikembangkan, 4) mendeskripsikan efektifitas media pembelajaran IPA berbasis masalah menggunakan aplikasi powerpoint yang dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini menggunakan R&D model Borg & Gall. Dengan subjek penelitian siswa kelas 8 SQI Bandar Lampung berjumlah 15 siswa dan siswa kelas 8 MTs Darul Huffaz Pesawaran berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) optimalisasi aplikasi powerpoint sebagai media pembelajaran IPA berbasis masalah menghadirkan rangkain pembelajaran dengan sintaks problem based learning (PBL) yang didukung dengan video fenomena sebagai orientasi masalah, kemudian rangkaian proses penyelidikan melalui praktikum langsung menggunakan virtual laboratorium (PheT Simulation), dan evaluasi pembelajaran menggunakan Google Form dan Quiziz. Seluruh rangkaian pembelajaran dengan berbagai media pendukung ini terintegrasi dalam aplikasi powerpoint, 2) Kelayakan media pembelajaran ini >79% dengan kategori Sangat Layak. 3) Kepraktisan media pembelajaran dengan skor >85% dengna kategori Sangat Praktis, 4) Efektifitas media pembelajaran IPA berbasis masalah yang dikembangkan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis berada pada kategori Sedang. Kata Kunci : Media Pembelajaran, PowerPoint, PBL, Pesantren The aims of this research are 1) to optimize the PowerPoint application as a problem- based science learning medium, 2) to describe the practicality and 3) feasibility of using this application for problem-based science learning, 4) to describe how effective the learning media is on students' critical thinking skills. Students' critical thinking skills are enhanced by the use of PowerPoint programs in problem-based science. One approach to this kind of study is the Borg & Gall R&D model. The research subjects were 15 grade 8 students at SQI Bandar Lampung and 20 grade 8 students at MTs Darul Huffaz Pesawaran. The results of this research show 1) optimization of the PowerPoint application as a problem-based science learning medium presenting problem-based learning (PBL) syntax used to facilitate a series of video learning phenomena as problem orientation, then a series of investigation processes through direct practicum using a virtual laboratory (PheT Simulation), and learning evaluation using Google Form and Quiziz. The entire learning series with various supporting media is integrated in the PowerPoint application. 2) The feasibility of this learning media is >79% in the Very Feasible category. 3) Practicality of learning media with a score of >85% in the Very Practical category, 4) Judging from how well it fosters critical thinking skills, the problem-based science learning material created is in the Medium category. Keywords: Learning Media, PowerPoint, PBL, Islamic Boarding School
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 600 Teknologi (ilmu terapan) |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Teknologi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 07:07 |
Terakhir diubah: | 08 Sep 2025 07:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90319 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |