PUTRI ASNAUL , KARIMAH (2024) IMPLEMENTASI INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL) PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK UNTUK MEMETAKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN DISIPLIN PESERTA DIDIK SMA DI KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Putri Asnaul Karimah.pdf Download (213Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL PEMBAHASAN - Putri Asnaul Karimah.pdf Restricted to Hanya staf Download (1184Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Putri Asnaul Karimah.pdf Download (1021Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi instrumen Assessment For Learning (AfL) pada pembelajaran fisika berbasis proyek untuk memetakan keterampilan kolaborasi dan disiplin peserta didik SMA di Kota Bandar Lampung. Penelitian deskriptif kuantitatif ini menggunakan sampel kelas XI.1 SMAN 3, XI.12 SMAN 9, dan XI.4 SMAN 13 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk memantau keterampilan kolaborasi dan disiplin selama pembelajaran proyek. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa di antara ketiga sekolah, peserta didik SMAN 9 Bandar Lampung yang berada di daerah intermediate (di antara pusat kota dan pinggiran kota) memiliki rata-rata nilai keterampilan kolaborasi dan disiplin tertinggi di antara dua sekolah lainnya, yaitu SMAN 3 Bandar Lampung yang berada di pusat kota dan SMAN 13 Bandar Lampung yang berada di pinggiran kota. Kata Kunci: Assessment for Learning (AfL), Project Based Learning (PjBL), Keterampilan Kolaborasi, Disiplin. ABSTRAC IMPLEMENTATION OF ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL) INSTRUMENTS IN PROJECT-BASED PHYSICS LEARNING TO MAP COLLABORATION SKILLS AND DISCIPLINE OF HIGH SCHOOL STUDENTS IN BANDAR LAMPUNG CITY By PUTRI ASNAUL KARIMAH This study aims to examine the implementation of Assessment for Learning (AfL) instruments in project-based physics learning to map the collaboration and discipline skills of high school students in Bandar Lampung. This quantitative descriptive research utilizes samples from class XI.1 of SMAN 3, class XI.12 of SMAN 9, and class XI.4 of SMAN 13, selected using purposive sampling techniques. Data were collected using observation sheets to monitor collaboration and discipline skills during project-based learning. Data analysis employed descriptive statistics. The results indicated that among the three schools, students from SMAN 9 Bandar Lampung, located in an intermediate area (between the city center and the outskirts), had the highest average scores for collaboration and discipline skills compared to the other two schools, SMAN 3 Bandar Lampung in the city center and SMAN 13 Bandar Lampung on the outskirts. Keywords: Assessment for Learning (AfL), Project Based Learning (PjBL), Collaboration Skills, Discipline.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 07:39 |
Terakhir diubah: | 10 Sep 2025 07:39 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90477 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |