PENGEMBANGAN LKS MODEL INKUIRI TERPIMPIN MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN PADA SISWA KELAS XI IPA

0613023048, Sulistiani Puspitasari (2010) PENGEMBANGAN LKS MODEL INKUIRI TERPIMPIN MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN PADA SISWA KELAS XI IPA. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover dalam.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover(1).pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persetujuan.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
I.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
II.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
III.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img] Text
IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65Kb)
[img]
Preview
Text
V.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan hasil wawancara dengan 10 guru dari 10 SMA di Bandar Lampung diketahui bahwa pembelajaran menggunakan LKS telah dilakukan di SMA tersebut. Namun, LKS yang digunakan belum membimbing siswa untuk lebih memahami konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan serta melatih kemandirian belajarnya. Oleh karena itu, dirancang pembelajaran dengan mengembangkan LKS kimia model inkuiri terpimpin. Tujuan penelitian ini adalah membuat LKS kimia model inkuiri terpimpin dan mengetahui (1) tingkat keterbacaan dan keterlaksanaan LKS ; (2)Peningkatan persentase kriteria ketuntasan minimum (KKM) siswa setelah penggunaan LKS pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan; (3) tanggapan siswa dan guru terhadap keunggulan dan kelemahan penggunaan LKS. Sampel dalam penelitian ini adalah 39 orang siswa kelas XI IPA 3 di SMAN 1 Natar. Penelitian pengembangan ini disusun berdasarkan model penelitian Sulistiani Puspitasari pengembangan Borg and Gall dimodifikasi yang hanya dilakukan sampai revisi draft LKS kedua. Hasil dari penelitian ini adalah (1) LKS kimia model inkuiri terpimpin mempunyai nilai tingkat keterbacaan sebesar 67,6 dengan kriteria baik dan nilai tingkat keterlaksanaan sebesar 70,1 dengan kriteria baik, artinya sebagian besar siswa mampu menyerap pesan dan melaksanakan LKS dengan baik ; (2) persentase kriteria ketuntasan minimum (KKM) siswa setelah menggunakan LKS diperoleh persentase 72,15 % siswa yang memperoleh nilai ≥ 68, terjadi peningkatan persentase KKM siswa dari hasil sebelumnya; (3) LKS yang dikembangkan dapat membantu siswa melakukan percobaan, merumuskan kesimpulan dan membuat siswa lebih terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Adapun kelemahannya diperlukan pengelolaan waktu yang efektif dan tepat agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Kata kunci : Pengembangan, LKS, inkuiri terpimpin

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: UPT . TIK6
Date Deposited: 28 Apr 2015 02:06
Last Modified: 19 Oct 2015 07:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9048

Actions (login required)

View Item View Item