PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAPKEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA(Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 07 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025)

PUJA, ROSFARITA (2025) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAPKEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA(Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 07 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025). KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (227Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1251Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN_.pdf

Download (1194Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided discovery learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 07 Bandar Lampung tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 307 siswa yang terdistribusi ke dalam sepuluhkelas yaitu kelas VIII.1 sampai VIII.10. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.5 sabanyak 21 siswa dan kelas VIII.6 sebanyak 20 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control grup design, dengan VIII.6 sebagai kelas eksperimen dan VIII.5 sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan penalaran matematis. Berdasarkan hasil Mann-Whitney U,diperoleh bahwa median data peningkatan skor kemampuan penalaran matematis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model guided discovery learning lebih tinggi dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, pembelajaran dengan model guided discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2507661502 Digilib
Date Deposited: 25 Sep 2025 02:46
Terakhir diubah: 25 Sep 2025 02:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90566

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir