ANALISIS UMPAN BALIK GURU DALAM MEMOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN

Adinda, Bintang Santri (2025) ANALISIS UMPAN BALIK GURU DALAM MEMOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1629Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1445Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis umpan balik yang diberikan oleh guru serta motivasi belajar siswa setelah menerima umpan balik tersebut. Subjek penelitian ini terdiri dari 12 siswa dari kelas VIII di SMP IT Ar Raihan Bandar Lampung pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil observasi kelas, angket skala Likert yang digunakan untuk mengukur umpan balik guru dan motivasi belajar siswa, serta hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa umpan balik positif, seperti pujian dan pengakuan atas usaha siswa, terbukti meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi intrinsik, mendorong siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar. Selain itu, umpan balik konstruktif yang jelas dan spesifik membantu siswa memahami kesalahan dan memperbaiki pemahaman mereka terhadap materi. Respons siswa terhadap umpan balik bervariasi, tergantung pada jenis umpan balik yang diterima. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa meskipun umpan balik guru dalam mata pelajaran pola bilangan telah dilaksanakan dengan baik, sekitar 30% siswa dari kategori 1 hingga kategori 3 masih belum merasakan dampak positif yang signifikan terhadap motivasi belajar mereka. Kategori siswa dengan kemampuan matematis rendah memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi dan reaktif terhadap umpan balik guru dibandingkan dengan kategori siswa dengan kemampuan matematis tinggi dan sedang.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2507752907 Digilib
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:25
Terakhir diubah: 25 Sep 2025 03:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90580

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir