Adinda, Bintang Santri (2025) ANALISIS UMPAN BALIK GURU DALAM MEMOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1629Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1445Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis umpan balik yang diberikan oleh guru serta motivasi belajar siswa setelah menerima umpan balik tersebut. Subjek penelitian ini terdiri dari 12 siswa dari kelas VIII di SMP IT Ar Raihan Bandar Lampung pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil observasi kelas, angket skala Likert yang digunakan untuk mengukur umpan balik guru dan motivasi belajar siswa, serta hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa umpan balik positif, seperti pujian dan pengakuan atas usaha siswa, terbukti meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi intrinsik, mendorong siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar. Selain itu, umpan balik konstruktif yang jelas dan spesifik membantu siswa memahami kesalahan dan memperbaiki pemahaman mereka terhadap materi. Respons siswa terhadap umpan balik bervariasi, tergantung pada jenis umpan balik yang diterima. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa meskipun umpan balik guru dalam mata pelajaran pola bilangan telah dilaksanakan dengan baik, sekitar 30% siswa dari kategori 1 hingga kategori 3 masih belum merasakan dampak positif yang signifikan terhadap motivasi belajar mereka. Kategori siswa dengan kemampuan matematis rendah memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi dan reaktif terhadap umpan balik guru dibandingkan dengan kategori siswa dengan kemampuan matematis tinggi dan sedang.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | 2507752907 Digilib |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:25 |
Terakhir diubah: | 25 Sep 2025 03:25 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90580 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |