UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE-PLAYING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUNGKAI SELATAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Jeni, Eliya (2025) UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE-PLAYING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUNGKAI SELATAN TAHUN AJARAN 2024/2025. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (229Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2628Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2555Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah kepercayaan diri yang rendah pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sungkai Selatan. Kepercayaan diri merupakan aspek penting dalam perkembangan psikologis remaja, yang berpengaruh terhadap keberanian dalam berpendapat, mengambil keputusan, serta berinteraksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik Role-Playing dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain time series design. Subjek penelitian berjumlah 10 siswa, terdiri dari 4 siswa dengan tingkat kepercayaan diri rendah, 4 siswa dengan tingkat kepercayaan diri sedang, dan 2 siswa dengan tingkat kepercayaan diri tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kepercayaan diri. Hasil analisis data dengan uji Wilcoxon melalui bantuan program SPSS menunjukkan nilai p = 0,005 (p < 0,05). Hal ini membuktikan adanya perbedaan yang signifikan antara kepercayaan diri siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Role-Playing. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik Role-Playing efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa SMP Negeri 1 Sungkai Selatan, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: Teknik Role-Playing, Kepercayaan Diri, Bimbingan Kelompok, Siswa SMP

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 2507500532 Digilib
Date Deposited: 01 Oct 2025 03:22
Terakhir diubah: 01 Oct 2025 03:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90664

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir