PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA MODEL BANGUN RUANG KELAS VI SD NEGERI I PERUMNAS WAY HALIM BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

0913069116, SUPIRANTI (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA MODEL BANGUN RUANG KELAS VI SD NEGERI I PERUMNAS WAY HALIM BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (387Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (409Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR SI.pdf

Download (247Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (155Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGANTAR.pdf

Download (404Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (165Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (917Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (2962Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1032Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (205Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan pengalaman mengajar penulis, kemampuan murid dalam menjelaskan volume kubus, limas dan kerucut masih rendah. Nilai rata-rata kelas pada tes formatif maupun sumatif selama 3 tahun terakhir ini masih kurang dari angka enam. Hal ini disebabkan selain karena kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pelajaran, siswa juga malu atau enggan bertanya kepada guru mengenai hal-hal yang belum dimengerti di kelas. Untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar pelajaran bangun ruang, guru diharapkan dapat menggunakan media/alat peraga bangun ruang dalam proses belajar mengajar di kelas secara aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan alat peraga model bangun ruang sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar bangun ruang bagi murid kelas VI SDN I Perumnas Way Halim. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes setelah siklus 1, nilai tes setelah siklus 2, dan nilai tes setelah siklus 3. Selain menggunakan analisis deskriptif, penelitian ini juga menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif terhadap prestasi observasi dan refleksi dari tiap-tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa di dalam kelas pada siklus I sebesar 55% dan diperoleh nilai rata-rata daya serap siswa sebesar 7,6. Aktivitas siswa pada siklus II sebesar 65% dan nilai rata-rata daya serap siswa sebesar 7,6. Aktivitas siswa di kelas pada siklus III sebesar 80% dan nilai rata-rata daya serap siswa adalah 85,7 (berada diatas nilai rata-rata 6,5) dan ketuntasan kelas mencapai 80 % (di atas 80%, skor minimum ketuntasan kelas). Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar matematika dalam pengerjaan hitung volum bangun ruang kubus, limas segiempat, kerucut dengan menggunakan alat peraga buatan murid dan guru. Maka guru hendaknya menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika baik untuk menanamkan konsep kepada murid maupun variasi dalam mengajar. Kata kunci : pembelajaran, prestasi belajar, dan alat peraga

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 28 Apr 2015 02:08
Terakhir diubah: 19 Oct 2015 04:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9068

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir