PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA MODEL BANGUN RUANG KELAS VI SD NEGERI I PERUMNAS WAY HALIM BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

0913069116, SUPIRANTI (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA MODEL BANGUN RUANG KELAS VI SD NEGERI I PERUMNAS WAY HALIM BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (387Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (409Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR SI.pdf

Download (247Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (155Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGANTAR.pdf

Download (404Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (165Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (917Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2962Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1032Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (205Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan pengalaman mengajar penulis, kemampuan murid dalam menjelaskan volume kubus, limas dan kerucut masih rendah. Nilai rata-rata kelas pada tes formatif maupun sumatif selama 3 tahun terakhir ini masih kurang dari angka enam. Hal ini disebabkan selain karena kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pelajaran, siswa juga malu atau enggan bertanya kepada guru mengenai hal-hal yang belum dimengerti di kelas. Untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar pelajaran bangun ruang, guru diharapkan dapat menggunakan media/alat peraga bangun ruang dalam proses belajar mengajar di kelas secara aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan alat peraga model bangun ruang sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar bangun ruang bagi murid kelas VI SDN I Perumnas Way Halim. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes setelah siklus 1, nilai tes setelah siklus 2, dan nilai tes setelah siklus 3. Selain menggunakan analisis deskriptif, penelitian ini juga menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif terhadap prestasi observasi dan refleksi dari tiap-tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa di dalam kelas pada siklus I sebesar 55% dan diperoleh nilai rata-rata daya serap siswa sebesar 7,6. Aktivitas siswa pada siklus II sebesar 65% dan nilai rata-rata daya serap siswa sebesar 7,6. Aktivitas siswa di kelas pada siklus III sebesar 80% dan nilai rata-rata daya serap siswa adalah 85,7 (berada diatas nilai rata-rata 6,5) dan ketuntasan kelas mencapai 80 % (di atas 80%, skor minimum ketuntasan kelas). Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar matematika dalam pengerjaan hitung volum bangun ruang kubus, limas segiempat, kerucut dengan menggunakan alat peraga buatan murid dan guru. Maka guru hendaknya menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika baik untuk menanamkan konsep kepada murid maupun variasi dalam mengajar. Kata kunci : pembelajaran, prestasi belajar, dan alat peraga

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UPT . TIK6
Date Deposited: 28 Apr 2015 02:08
Last Modified: 19 Oct 2015 04:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9068

Actions (login required)

View Item View Item