ABELIYA, - (2025) EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS WEBSITE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK(ABSTRACT).pdf Download (112Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (830Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (807Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas sistem informasi akuntansi berbasis website pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi dengan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan metode penelitian yaitu pre-experimental dan desain penelitian yaitu intact group comparison. Penelitian dilakukan pada 34 peserta didik kelas XI AKL 2 di SMK Negeri 1 Bandarlampung. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest. Hasil penelitian menggunakan uji Independent Sampel T test untuk belajar kognitif dengan nilai signifikansi (Sig.2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05), artinya terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil pretest dan posttest, terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelompok eksperimen secara signifikan. Rata-rata nilai kelompok eksperimen meningkat dari 44,41 menjadi 89,12, sedangkan kelompok kontrol dari 46,18 menjadi 83,82. Melalui penerapan sistem informasi akuntansi berbasis website menunjukan peserta didik memahami materi dan mengalami peningkatan hasil belajar pada ranah kognitif. Kaca Kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Website, Hasil Belajar. This study aims to determine the effectiveness of a web-based accounting information system in the Computer Accounting subject using the Discovery Learning model in improving students' learning outcomes. The research method employed was a quantitative experimental approach with a pre-experimental research method and an intact group comparison research design. The study was conducted with 34 students of class XI AKL 2 at SMK Negeri 1 Bandarlampung. Data collection was carried out through pretests and posttests. The research results, using the Independent Sample T-test for cognitive learning, showed a significance value (Sig. 2-tailed) of 0.000 (< 0.05), which means that there is a significant difference. The pretest and posttest results indicated a significant improvement in students’ learning outcomes in the experimental group. The average score of the experimental group increased from 44.41 to 89.12, while the control group increased from 46.18 to 83.82. Through the implementation of the web-based accounting information system, students demonstrated an understanding of the material and experienced an improvement in learning outcomes in the cognitive domain. Keyword: Accounting Information System, Website, Learning Outcomes
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 001 Ilmu pengetahuan 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 006 Metode komputer khusus |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Teknologi Informasi |
Pengguna Deposit: | 2507256347 Digilib |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 13:28 |
Terakhir diubah: | 06 Oct 2025 13:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90731 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |