AMANDA , ROSALINDA (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (235Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning dengan pendekatan design thinking terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Jenis penelitian merupakan quasy experimen dengan desain pretest-posttest non-equivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMPN 1 Melinting semester genap tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini terdiri dari 60 peserta didik kelas VII yang diambil dari populasi berjumlah 180 melalui teknik cluster random sampling. Data kuantitatif diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan Independent sample t-test, sedangkan data kualitatif diperoleh dari keterlaksanaan sintaks dan angket tanggapan lalu dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t-test didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 artinya H1 diterima, dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based learning dengan pendekatan design thinking berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif di kelas eksperimen lebih tinggi (N-Gain = 0,46) dari pada kelas kontrol (N-Gain = 0,37). Hasil ini juga didukung oleh uji effect size yang menunjukkan model PjBL dengan pendekatan design thinking berpengaruh besar (0,82) terhadap kemampuan berpikir kreatif. Indikator kemampuan berpikir kreatif tertinggi pada kelas eksperimen adalah originality (N-Gain = 0,53) sedangkan indikator terendah yaitu flexibility (N-Gain = 0,38). Hasil analisis data angket tanggapan peserta didik menunjukkan sebagian besar peserta didik setuju (88, 61%) bahwa penerapan model project based learning dengan pendekatan design thinking berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata Kunci: Design Thinking, Kemampuan Berpikir Kreatif, Perubahan Iklim, Project Based Learning.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2507235054 Digilib |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 06:52 |
Terakhir diubah: | 07 Oct 2025 06:52 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90864 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |